Implementasi Manajemen Sumber Daya
Manusia Di Sekolah Tinggi Teologi REAL BATAM
( Analisis Perekrutan dan Pengembangan Profesionalitas
Sumber Daya Manusia di Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam)
Tesis
Disusun dan
Diajukan
Sebagai
Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar
Magister
Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Sekolah Tinggi Teologi Real
Batam
Oleh
Mangadar
Nim : 03020215009
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
PASCASARJANA
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI REAL
B A T A M
2018
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Jan
Husada (2013:51)[1] menyatakan bahwa manajemen
mencakup kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penyumberdayaan (resourcing), memimpin (leading), atau penentu arah (directing), dan pengendalian (controlling) sebuah organisasi atau
upaya untuk meraih suatu sasaran. Jika membaginya berdasarkan bagiannya maka
kita akan mendapati manajemen perencanaan, manajemen pengorganisasian,
manajemen penyumberdayaan, manajemen memimpin, manajemen penentu arah, dan
manajemen pengendalian. Dalam pelaksanaan manajemen tersebut kita dapat melihat
bahwa manajemen penyumberdayaan merupakan salah satu bagian yang harus
dilakukan agar pelaksanaan manajemen berjalan dengan baik. Manajemen
penyumberdayaan atau tepatnya manajemen sumber daya, yang dalam hal ini yang
dibahas adalah manusianya sehingga disebutlah manajemen sumber daya manusia.
Suparno
Eko Wibowo (2015:1) menyatakan bahwa,
“Masalah
manajemen SDM adalah masalah yang cukup kompleks karena ia bukan sekedar
masalah administrasi, hukum, dan perundangan yang terkait, psikologi manusia,
perhitungan kebutuhan, penentuan kompensasi, dan teknik-teknik cara bekerja
yang baik, tetapi keseluruhan ke semua aspek yang disebutkan di atas harus
dipahami dan dikuasai dengan baik dan terpadu, terutama bagi manajer SDM”.[2]
Karena
begitu kompleksnya masalah manajemen sumber daya manusia tersebut, sehingga
dibutuhkan orang – orang yang handal dan trampil dibidangnya guna menangani
bagian tersebut.
Dalam
dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi, dimana mahasiswa dididik dan
diajar untuk menjadi manusia yang seutuhnya, sesuai dengan minat, bakat dan
kemampuannya, tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang handal juga, agar
lulusannya, dapat bermanfaat dan berkontribusi nyata dalam masyarakat luas.
Guna menghasilkan, bukan hanya output tetapi juga outcome yang handal pada
bidangnya tentulah harus didukung oleh tenaga pendidik atau dosen serta tenaga
kependidikan yang professional. Bagaimana caranya agar perguruan tinggi dapat
memperoleh sumber daya dosen dan tenaga kependidikan yang handal dan
professional? Tentunya dengan melakukan perekrutan dan seleksi yang terukur dan
sesuai standar yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi dengan berpatokan
kepada perundangan dan peraturan yang mengatur tentang standar dosen dan tenaga
kependidikan.
Mohamad Nasir[3],
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, menyatakan bahwa performa
perguruan tinggi Indonesia dinilai dari 4 (empat) komponen utama, yaitu: a)
Kualitas SDM; b) Kualitas Kelembagaan; c) Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan;
serta d) Kualitas Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Dari empat komponan
tersebut, yang menjadi fokus pertama adalah kualitas sumber daya manusia, yang
memberikan gambaran kepada kita betapa penting manajemen sumber daya manusia
dalam peningkatan mutu dan potensi perguruan tinggi.
Sekolah tinggi teologi REAL Batam,
sebagai salah satu perguruan tinggi agama Kristen swasta yang berada di wilayah
kerja koordinator perguruan tinggi swasta (KOPERTIS) wilayah X (sepuluh),
menarik perhatian bukan hanya masyarakat Batam tetapi juga menarik perhatian
sekolah tinggi teologi di wilayah X bahkan menjadi perhatian bagi sekolah
tinggi teologi se Indonesia. Hal ini disebabkan oleh akreditasi yang diperoleh
sekolah tinggi teologi REAL Batam, yaitu Akreditasi B pada jenjang sarjana
jurusan teologi berdasarkan SK BAN PT No. 403/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014, Akreditasi B pada
jenjang sarjana jurusan pendidikan agama kristen berdasarkan SK BAN PT No. 139/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2015.
Bahkan hanya sekolah tinggi teologi REAL Batam, yang
program pascasarjananya telah terakreditasi. Tidak tanggung-tanggung kedua
program studi yang dibuka telah terakreditasi kedua-duanya. Akreditasi pada
jenjang pascasarjana program studi teologi berdasarkan SK BAN PT No.
0492/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2017 dan pascasarjana program studi pendidikan agama
Kristen berdasarkan SK BAN PT No. 2557/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2017[4].
NO
|
NAMA KAMPUS
|
PRODI
|
JENJANG
|
AKREDITAS
|
1
|
STT REAL BATAM
|
PAK
|
S2
|
C
|
2
|
STT REAL BATAM
|
TEOLOGI
|
S2
|
C
|
3
|
STT REAL BATAM
|
PAK
|
S1
|
B
|
4
|
STT REAL BATAM
|
TEOLOGI
|
S1
|
B
|
5
|
STT LINTAS BUDAYA
|
TEOLOGI
|
S1
|
C
|
6
|
STT BASOM
|
PAK
|
S1
|
C
|
7
|
STT BASOM
|
TEOLOGI
|
S1
|
C
|
8
|
STT PANTEKOSTA
|
TEOLOGI
|
S1
|
C
|
9
|
STTII BATAM
|
TEOLOGI
|
S1
|
C
|
10
|
STT ARASTAMAR RIAU
|
TEOLOGI
|
S1
|
C
|
TABEL 1.1 Daftar
akreditasi STT di KOPERTIS WILAYAH X ( RIAU, KEPRI,JAMBI,PADANG) data di olah tanggal
08 Nopember 2017 dari www.banpt.or.id
Bahkan jikalau kita memperhatikan
akreditasi sekolah tinggi teologi/alkitab/agama Kristen swasta yang memperoleh
peringkat B sangatlah sedikit yaitu hanya 19 (Sembilan belas) kampus, bahkan
sangat sedikit apabila dibandingkan dengan jumlah sekolah tinggi teologi,
sekolah tinggi alkitab, dan sekolah tinggi agama Kristen yang ada di Indonesia.
Adapun kampus yang memperoleh akreditasi B pada jenjang sarjana adalah sebagai
berikut :
No
|
Wilayah
|
Nama sekolah
|
Jurusan
|
1
|
01
|
STT
HKBP
|
TEOLOGI
|
2
|
01
|
STT
BNKP SUNDERMAN
|
TEOLOGI
|
STT
BNKP SUNDERMAN
|
PAK
|
||
3
|
01
|
STTII
MEDAN
|
TEOLOGI
|
4
|
01
|
STT
ABDI SABDA
|
PAK
|
5
|
03
|
STT
IKAT JAKARTA
|
PAK
|
6
|
03
|
STT
BETHEL INDONESIA
|
PAK
|
03
|
STT
BETHEL INDONESIA
|
TEOLOGI
|
|
7
|
03
|
STT
APOLOS JAKARTA
|
TEOLOGI
|
8
|
03
|
STT
RII
|
TEOLOGI
|
9
|
03
|
STT
REFORM INDONESIA
|
TEOLOGI
|
10
|
04
|
STT
KHARISMA BANDUNG
|
TEOLOGI
|
04
|
STT
KHARISMA BANDUNG
|
PAK
|
|
11
|
04
|
STT
CIPANAS
|
TEOLOGI
|
12
|
04
|
STT
BANDUNG
|
TEOLOGI
|
13
|
05
|
STT
NAZARENE INDONESIA
|
TEOLOGI
|
14
|
06
|
STT
INTHEOS SURAKARTA
|
TEOLOGI
|
06
|
STT
INTHEOS SURAKARTA
|
PAK
|
|
15
|
06
|
STT
KRISTUS ALFA OMEGA
|
TEOLOGI
|
16
|
07
|
STT
ALETHEIA
|
TEOLOGI
|
17
|
07
|
STT
SAAT
|
TEOLOGI
|
18
|
10
|
STT
REAL BATAM
|
TEOLOGI
|
10
|
STT
REAL BATAM
|
PAK
|
|
19
|
04
|
STA
TIRANUS BANDUNG
|
TEOLOGI
|
Table 1.2
Daftar perolehanAkreditasi B Program studi teologi dan PAK se Indonesia pada
jenjang sarjana. Data di olah tanggal 08 Nopember 2017 dari www.banpt.or.id
Pencapaian
tersebut diatas tentunya tidaklah datang secara tiba-tiba, melainkan didahului
oleh usaha dan tindakan yang nyata dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan
pada saat mendirikan perguruan tinggi tersebut. Peranan manajemen, dalam hal
ini ketua beserta jajarannya dalam memenuhi standar kecukupan sumber daya
manusia pastilah telah merencanakan, merekrut, menyeleksi, serta menetapkan dan
menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat.
Memperhatikan pencapaian yang telah
diperoleh oleh Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam, maka penulis tertarik untuk
melakukan penelitian dengan judul “Implementasi
Manajemen Sumber Daya Manusia di Sekolah
Tinggi Teologi REAL Batam (Analisis Perekrutan dan Pengembangan Profesionalitas
Sumber Daya Manusia di Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam)”.
B. Fokus
Penelitian
Yang
menjadi fokus dalam penelitian ini adalah :
1. Proses
dan pelaksanaan perekrutan dosen dan tenaga kependidikan di Sekolah Tinggi
Teologi Real Batam Batam.
2. Upaya
manajemen Sekolah Tinggi Teologi Real Batam dalam meningkatkan profesionalitas dosen
dan tenaga kependidikan yang dimilikinya..
C. Rumusan
masalah
Dengan merujuk kepada latar belakang
penelitian dan focus penelitian yang telah dipaparkan diatas, maka dapat
dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1. Bagaimana
proses dan pelaksanaan perekrutan serta seleksi sumber daya manusia di Sekolah Tinggi Teologi Real Batam?
2. Bagaimana
upaya dan tindakan manajemen Sekolah Tinggi Teologi Real Batam dalam mengembangkan
profesionalitas sumber daya manusia yang dimilikinya?
3. Faktor
apa sajakah yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan perekrutan dan
pengembangan profesionalitas sumber daya manusia di Sekolah Tinggi Teologi Real
Batam?
D. Tujuan
Penelitian
Adapun
yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Untuk
mengetahui langkah – langkah pelaksaan perekrutan dan seleksi sumber daya
manusia di Sekolah Tinggi Teologi Real Batam.
2. Untuk
mengetahui upaya dan tindakan manajemen dalam mengembangkan profesionalitas sumber
daya manusia di Sekolah Tinggi Teologi Real Batam.
3. Untuk
mengetahui faktor – faktor pendukung maupun penghambat dalam pelaksanaan perekrutan
maupun pengembangan professional sumber daya manusia di Sekolah Tinggi Teologi
Real Batam.
E. Manfaat
penelitian
Adapun
manfaat dari penelitian ini adalah :
1. Manfaat
teoritis
a. Dengan
dilaksanakannya penelitian ini, peneliti dapat memperoleh pengetahuan dan
pemahaman yang lebih mendalam serta wawasan yang lebih luas mengenai manajemen
sumber daya manusia di perguruan tinggi, khususnya tentang pelaksanaan
perekrutan dan pengembangan profesional sumber daya manusia di Sekolah Tinggi
Teologi Real Batam.
b. Hasil
dari penelitian ini dapat menambahan wawasan dan pengetahun serta dapat juga
digunakan oleh para peneliti selanjutnya sebagai bahan referensi dalam
penelitian manajemen sumber daya manusia perguruan tinggi, guna peningkatan dan
pengembangan pada keilmuan tersebut.
2. Manfaat
praktis
a. Bagi
manajemen perguruan tinggi yang diteliti, penelitian ini diharapkan dapat
menjadi acuan dan pengetahuan tentang apa yang terjadi di lembaga pendidikan
tersebut sekaligus dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan
mutu pendidikan lembaga.
b. Bagi
ketua perguruan tinggi, dapat melaksanakan manajerial lembaga pendidikannya
secara professional, melakukan persiapan sumber daya manusia yang dibutuhkan
dengan baik dan selalu mengembangkan sumber daya manusia yang ada dengan
seoptimal mungkin sehingga akan menjadi sumber daya manusia yang handal dan
professional.
c. Bagi
dosen dan tenaga kependidikan, agar mau terus mengembangkan diri dan meningkatkan
kinerja sehingga kedepan menjadi dosen dan tenaga kependidikan yang handal dan
professional.
F. Sistematika
penulisan
Adapun
yang menjadi sistematika dalam penulisan penelitian ini adalah :
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
B. Fokus
Penelitian
C. Perumusan
Masalah
D. Tujuan
Penelitian
E. Manfaat
Penelitian
F. Sistimatika
Penulisan
BAB
II LANDASAN TEORI
A. Literatur
Review (teori-teori)
B. Kerangka
Berfikir Konseptual
BAB III METODOLOGI
PENELITIAN
A. Metode
Penelitian dan Alasan Penggunaaan
B. Tempat
dan Waktu Penelitian
C. Metode
Penelitian
D. Instrumen
Penelitian
E. Prosedur
/ Tekhnik Pengumpulan Data
F. Teknik
Pengolahan dan Analisis Data
G. Pengujian/pemeriksaan
Keabsahan Data
BAB
IV TEMUAN
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi
Data Penelitian
B. Temuan
Penelitian
C. Pembahasan
Temuan dan Aplikasi Penelitian
BAB V KESIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR
SINGKATAN
DAFTAR
PUSTAKA (BIBLIOGRAFI)
DAFTAR
LAMPIRAN
[1] Jan Husada, 2013,
Taksonomi Ilmu Manajemen, ANDI , Yogyakarta.
[2] Suparno Eko Widodo,2015,
Manajemen Pengembangan Sumber Daya
manusia, Pustaka Belajar, Yoyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar