Selasa, 22 Januari 2019

Tesis: Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Di Sekolah Tinggi Teologi REAL BATAM ( Analisis Perekrutan dan Pengembangan Profesionalitas Sumber Daya Manusia di Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam)


Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Di Sekolah Tinggi Teologi REAL BATAM
( Analisis Perekrutan dan Pengembangan Profesionalitas
 Sumber Daya Manusia di Sekolah Tinggi Teologi  REAL Batam)

Tesis
Disusun dan Diajukan
Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar
Magister Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
 













Oleh
Mangadar
Nim : 03020215009

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
PASCASARJANA SEKOLAH TINGGI TEOLOGI REAL
B A T A M
2018

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar belakang
Jan Husada (2013:51)[1] menyatakan bahwa manajemen mencakup kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penyumberdayaan (resourcing), memimpin (leading), atau penentu arah (directing), dan pengendalian (controlling) sebuah organisasi atau upaya untuk meraih suatu sasaran. Jika membaginya berdasarkan bagiannya maka kita akan mendapati manajemen perencanaan, manajemen pengorganisasian, manajemen penyumberdayaan, manajemen memimpin, manajemen penentu arah, dan manajemen pengendalian. Dalam pelaksanaan manajemen tersebut kita dapat melihat bahwa manajemen penyumberdayaan merupakan salah satu bagian yang harus dilakukan agar pelaksanaan manajemen berjalan dengan baik. Manajemen penyumberdayaan atau tepatnya manajemen sumber daya, yang dalam hal ini yang dibahas adalah manusianya sehingga disebutlah manajemen sumber daya manusia.
Suparno Eko Wibowo (2015:1) menyatakan bahwa,
“Masalah manajemen SDM adalah masalah yang cukup kompleks karena ia bukan sekedar masalah administrasi, hukum, dan perundangan yang terkait, psikologi manusia, perhitungan kebutuhan, penentuan kompensasi, dan teknik-teknik cara bekerja yang baik, tetapi keseluruhan ke semua aspek yang disebutkan di atas harus dipahami dan dikuasai dengan baik dan terpadu, terutama bagi manajer SDM”.[2]  
           
Karena begitu kompleksnya masalah manajemen sumber daya manusia tersebut, sehingga dibutuhkan orang – orang yang handal dan trampil dibidangnya guna menangani bagian tersebut.
Dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi, dimana mahasiswa dididik dan diajar untuk menjadi manusia yang seutuhnya, sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya, tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang handal juga, agar lulusannya, dapat bermanfaat dan berkontribusi nyata dalam masyarakat luas. Guna menghasilkan, bukan hanya output tetapi juga outcome yang handal pada bidangnya tentulah harus didukung oleh tenaga pendidik atau dosen serta tenaga kependidikan yang professional. Bagaimana caranya agar perguruan tinggi dapat memperoleh sumber daya dosen dan tenaga kependidikan yang handal dan professional? Tentunya dengan melakukan perekrutan dan seleksi yang terukur dan sesuai standar yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi dengan berpatokan kepada perundangan dan peraturan yang mengatur tentang standar dosen dan tenaga kependidikan.  
Mohamad Nasir[3], Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, menyatakan bahwa performa perguruan tinggi Indonesia dinilai dari 4 (empat) komponen utama, yaitu: a) Kualitas SDM; b) Kualitas Kelembagaan; c) Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan; serta d) Kualitas Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Dari empat komponan tersebut, yang menjadi fokus pertama adalah kualitas sumber daya manusia, yang memberikan gambaran kepada kita betapa penting manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu dan potensi perguruan tinggi.
            Sekolah tinggi teologi REAL Batam, sebagai salah satu perguruan tinggi agama Kristen swasta yang berada di wilayah kerja koordinator perguruan tinggi swasta (KOPERTIS) wilayah X (sepuluh), menarik perhatian bukan hanya masyarakat Batam tetapi juga menarik perhatian sekolah tinggi teologi di wilayah X bahkan menjadi perhatian bagi sekolah tinggi teologi se Indonesia. Hal ini disebabkan oleh akreditasi yang diperoleh sekolah tinggi teologi REAL Batam, yaitu Akreditasi B pada jenjang sarjana jurusan teologi berdasarkan SK BAN PT No. 403/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014, Akreditasi B pada jenjang sarjana jurusan pendidikan agama kristen berdasarkan SK BAN PT No. 139/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2015. Bahkan hanya sekolah tinggi teologi REAL Batam, yang program pascasarjananya telah terakreditasi. Tidak tanggung-tanggung kedua program studi yang dibuka telah terakreditasi kedua-duanya. Akreditasi pada jenjang pascasarjana program studi teologi berdasarkan SK BAN PT No. 0492/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2017 dan pascasarjana program studi pendidikan agama Kristen berdasarkan SK BAN PT No. 2557/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2017[4].

NO
NAMA KAMPUS
PRODI
JENJANG
AKREDITAS
1
STT REAL BATAM
PAK
S2
C
2
STT REAL BATAM
TEOLOGI
S2
C
3
STT REAL BATAM
PAK
S1
B
4
STT REAL BATAM
TEOLOGI
S1
B
5
STT LINTAS BUDAYA
TEOLOGI
S1
C
6
STT BASOM
PAK
S1
C
7
STT BASOM
TEOLOGI
S1
C
8
STT PANTEKOSTA
TEOLOGI
S1
C
9
STTII BATAM
TEOLOGI
S1
C
10
STT ARASTAMAR RIAU
TEOLOGI
S1
C
TABEL 1.1 Daftar akreditasi STT di KOPERTIS WILAYAH X ( RIAU, KEPRI,JAMBI,PADANG) data di olah tanggal 08 Nopember 2017 dari www.banpt.or.id

            Bahkan jikalau kita memperhatikan akreditasi sekolah tinggi teologi/alkitab/agama Kristen swasta yang memperoleh peringkat B sangatlah sedikit yaitu hanya 19 (Sembilan belas) kampus, bahkan sangat sedikit apabila dibandingkan dengan jumlah sekolah tinggi teologi, sekolah tinggi alkitab, dan sekolah tinggi agama Kristen yang ada di Indonesia. Adapun kampus yang memperoleh akreditasi B pada jenjang sarjana adalah sebagai berikut :
No
Wilayah
Nama sekolah
Jurusan
1
01
STT HKBP
TEOLOGI
2
01

STT BNKP SUNDERMAN
TEOLOGI
STT BNKP SUNDERMAN
PAK
3
01
STTII MEDAN
TEOLOGI
4
01
STT ABDI SABDA
PAK
5
03
STT IKAT JAKARTA
PAK
6
03
STT BETHEL INDONESIA
PAK
03
STT BETHEL INDONESIA
TEOLOGI
7
03
STT APOLOS JAKARTA
TEOLOGI
8
03
STT RII
TEOLOGI
9
03
STT REFORM INDONESIA
TEOLOGI
10
04
STT KHARISMA BANDUNG
TEOLOGI
04
STT KHARISMA BANDUNG
PAK
11
04
STT CIPANAS
TEOLOGI
12
04
STT BANDUNG
TEOLOGI
13
05
STT NAZARENE INDONESIA
TEOLOGI
14
06
STT INTHEOS SURAKARTA
TEOLOGI
06
STT INTHEOS SURAKARTA
PAK
15
06
STT KRISTUS ALFA OMEGA
TEOLOGI
16
07
STT ALETHEIA
TEOLOGI
17
07
STT SAAT
TEOLOGI
18
10
STT REAL BATAM
TEOLOGI
10
STT REAL BATAM
PAK
19
04
STA TIRANUS BANDUNG
TEOLOGI
Table 1.2 Daftar perolehanAkreditasi B Program studi teologi dan PAK se Indonesia pada jenjang sarjana. Data di olah tanggal 08 Nopember 2017 dari www.banpt.or.id
  
Pencapaian tersebut diatas tentunya tidaklah datang secara tiba-tiba, melainkan didahului oleh usaha dan tindakan yang nyata dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan pada saat mendirikan perguruan tinggi tersebut. Peranan manajemen, dalam hal ini ketua beserta jajarannya dalam memenuhi standar kecukupan sumber daya manusia pastilah telah merencanakan, merekrut, menyeleksi, serta menetapkan dan menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat.
            Memperhatikan pencapaian yang telah diperoleh oleh Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia di Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam (Analisis Perekrutan dan Pengembangan Profesionalitas Sumber Daya Manusia di Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam)”.

B.   Fokus Penelitian
Yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah :
1.    Proses dan pelaksanaan perekrutan dosen dan tenaga kependidikan di Sekolah Tinggi Teologi Real Batam Batam.  
2.    Upaya manajemen Sekolah Tinggi Teologi Real Batam dalam meningkatkan profesionalitas dosen dan tenaga kependidikan yang dimilikinya..

C.   Rumusan masalah
Dengan merujuk kepada latar belakang penelitian dan focus penelitian yang telah dipaparkan diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.    Bagaimana proses dan pelaksanaan perekrutan serta seleksi sumber daya manusia   di Sekolah Tinggi Teologi Real Batam?
2.    Bagaimana upaya dan tindakan manajemen Sekolah Tinggi Teologi Real Batam dalam mengembangkan profesionalitas sumber daya manusia yang dimilikinya?
3.    Faktor apa sajakah yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan perekrutan dan pengembangan profesionalitas sumber daya manusia di Sekolah Tinggi Teologi Real Batam?

D.   Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah :
1.    Untuk mengetahui langkah – langkah pelaksaan perekrutan dan seleksi sumber daya manusia di Sekolah Tinggi Teologi Real Batam.
2.    Untuk mengetahui upaya dan tindakan manajemen dalam mengembangkan profesionalitas sumber daya manusia di Sekolah Tinggi Teologi Real Batam.
3.    Untuk mengetahui faktor – faktor pendukung maupun penghambat dalam pelaksanaan perekrutan maupun pengembangan professional sumber daya manusia di Sekolah Tinggi Teologi Real Batam.

E.   Manfaat penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :
1.    Manfaat teoritis
a.    Dengan dilaksanakannya penelitian ini, peneliti dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam serta wawasan yang lebih luas mengenai manajemen sumber daya manusia di perguruan tinggi, khususnya tentang pelaksanaan perekrutan dan pengembangan profesional sumber daya manusia di Sekolah Tinggi Teologi Real Batam.
b.    Hasil dari penelitian ini dapat menambahan wawasan dan pengetahun serta dapat juga digunakan oleh para peneliti selanjutnya sebagai bahan referensi dalam penelitian manajemen sumber daya manusia perguruan tinggi, guna peningkatan dan pengembangan pada keilmuan tersebut.
2.    Manfaat praktis
a.    Bagi manajemen perguruan tinggi yang diteliti, penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan pengetahuan tentang apa yang terjadi di lembaga pendidikan tersebut sekaligus dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan mutu pendidikan lembaga.
b.    Bagi ketua perguruan tinggi, dapat melaksanakan manajerial lembaga pendidikannya secara professional, melakukan persiapan sumber daya manusia yang dibutuhkan dengan baik dan selalu mengembangkan sumber daya manusia yang ada dengan seoptimal mungkin sehingga akan menjadi sumber daya manusia yang handal dan professional.
c.    Bagi dosen dan tenaga kependidikan, agar mau terus mengembangkan diri dan meningkatkan kinerja sehingga kedepan menjadi dosen dan tenaga kependidikan yang handal dan professional.

F.    Sistematika penulisan
Adapun yang menjadi sistematika dalam penulisan penelitian ini adalah :
  BAB I                        PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah
B.   Fokus Penelitian
C.   Perumusan Masalah
D.   Tujuan Penelitian
E.   Manfaat Penelitian
F.    Sistimatika Penulisan

BAB II             LANDASAN TEORI
A.   Literatur Review (teori-teori)
B.   Kerangka Berfikir Konseptual

BAB  III           METODOLOGI PENELITIAN
A.   Metode Penelitian dan Alasan Penggunaaan
B.   Tempat dan Waktu Penelitian
C.   Metode Penelitian
D.   Instrumen Penelitian
E.   Prosedur / Tekhnik Pengumpulan Data
F.    Teknik Pengolahan dan Analisis Data
G.   Pengujian/pemeriksaan Keabsahan Data

BAB IV           TEMUAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.   Deskripsi Data Penelitian
B.   Temuan Penelitian
C.   Pembahasan Temuan dan Aplikasi Penelitian

BAB  V                       KESIMPULAN DAN SARAN
A.   Kesimpulan
B.   Saran

DAFTAR SINGKATAN
DAFTAR PUSTAKA (BIBLIOGRAFI)
DAFTAR LAMPIRAN



[1] Jan Husada, 2013, Taksonomi Ilmu Manajemen, ANDI , Yogyakarta.
[2] Suparno Eko Widodo,2015, Manajemen Pengembangan Sumber  Daya manusia, Pustaka Belajar, Yoyakarta.
[4] https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi diakses pada tanggal 07 nopember 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANDROID “PERUSAK” MASA DEPAN

Smart People, jagalah anak kita dengan segala kewaspadaan yang kita miliki. Karena existensi kita ditentukan oleh keturunan kita (anak...